Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aplikasi Quizizz Pada Materi Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup Kelas VIII.8 SMPN 14 Makassar
Abstract
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP kelas VIII pada Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup dengan melalui aplikasi Quizizz. Penelitian ini dilakukan di SMPN 14 Makassar tahun ajaran 2023-2024 pada kelas VIII.8 dengan jumlah peserta didik 32 orang. PTK ini dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran, dimana setiap siklus pembelajaran terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan pemberian tugas dan asesmen sumatif hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data yang diperoleh, ketuntasan hasil belajar peserta didik terus meningkat dengan persentase ketuntasan yaitu siklus I 29%, dan siklus II 79%. Sedangkan persentase nilai peserta didik yang tidak tuntas mengalami penurunan dari 71% ke 21%. Bersarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup.
Downloads
References
[2] Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Elhadi, N. E. M. (2018). The Impact of YouTube, Skype and WhatsApp in Improving EFL Learners’ Speaking Skill. International Journal of Contemporary Applied Researches, 5(5), 18–31.
[4] Kementerin Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemu (discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2013
[5] Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.
[6] Orhan Derya G. (2019). Comparing Success and Engagement In Gamified Learning Experiences Via Kahoot And Quizizz. Jurnal Internasional Turkey. 15-29
[7] Rusdiana. (2021). Penggunaan Media Quizizz dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VI SDN 4 Ampah. Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies, 1, 569–580
[8] Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[9] Sulistriani, Santoso, J., & Octaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School Education, 1(2), 57–68
[10] Uno, H. B. (2011) Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.