Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Assemblr Edu terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) Assemblr Edu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta 30 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket minat belajar sebanyak 30 butir pernyataan dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar IPA peserta didik pada prasiklus sebesar 47,6%, kemudian pada siklus 1 sebesar 60% dan pada siklus 2 sebesar 80,12%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) Assemblr Edu dapat meningkatkan minat belajar IPA peserta didik di kelas VIII.6 SMP Negeri 12 Makassar
Downloads
References
Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. Penerapan augmented reality sebagai media pembelajaran sistem pencernaan pada manusia dalam mata pelajaran biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN). 2017
Indrawaty, Y., Ichwan, M., & Putra, W. Media pembelajaran interaktif pengenalan anatomi manusia menggunakan metode augmented reality (AR). Jurnal Itena Library, 4(4). 2013
Wibowo, V. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58-69. 2022
Mustaqim, I. Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). 2017
Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbentuk augmented reality pada peserta didik untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep ipa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90-101. 2019
Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. Pelatihan assembler edu untuk meningkatkan keterampilan guru merancang project-based learning sesuai kurikulum merdeka belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 77-80. 2022
Sugiyono, 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Cv. Alfabeta
Ferry. 2014. Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Tematik Kelas I melalui Metode Story Telling di SDN Gebongan Sentol Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitriani, D. A., Wainingrum, W., & Rusilowati, A. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Augmented Reality dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 7 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 303-315). 2024
Masri, M., Surani, D., & Fricticarani, A. Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 209-216. 2023
Diegmann, P., Schmidt-Kraepelin, M., Eynden, S., & Basten, D. (2015). Benefits of augmented reality in educational environments-a systematic literature review.