Penerapan Model Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.

  • Irna Srianti Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Aisyah Ali Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
  • Satwika Trianti Ngandoh SMPN 14 Makassar
Keywords: model discovery learning, aplikasi kahoot, motivasi belajar

Abstract

Pemanfaatan teknologi serta basis data mulai banyak diminati oleh pendidik pada proses pembelajaran. Dengan menguasai dan memiliki komptenesi dalam menggunakan alat-alat teknologi guna mendukung proses pembelajaran. teknologi digital diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Salah satu inovasi teknologi agar pembelajaran menjadi kondusif, interaktif, menarik serta dapat membantu pengajar membuat evaluasi penilitian terhadap peserta didik adalah platform kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA kelas VII.3 SMP Negeri 14 Makassar dengan menerapkan model Discovery Learning menggunakan aplikasi kahoot. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus menerapkan model Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari 1) perencanaan, 2) Tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 14 Makassar yang berjumlah 31 orang. Instrument pengumpulan data berupa angket motivasi belajar yang merunjuk pada model motivasi belajar dan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar pada materi tata surya mengalami peningkatan dari Siklus I hingga ke Siklus II. Hasil angket motivasi belajar pada Siklus I mencapai 76,45% mengalami peningkatan pada Siklus II mencapai 77,77%. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning menggunakan aplikasi kahoot  dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas VII.3 SMP Negeri 14 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Amelia, N. C., Zulhelmi., Dina S., & Yenni S. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru.

[2] Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didakta Jurnal Kependidikan. 12(2), 117-134.

[3] Arriyani, D. (2022). Motivasi Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Picture dan Picture. Jurnal Al-Mujaddid Humaniora. 8(1).

[4] Barus, I., &Soedowo,T. (2018). Study Kasus : Mahasiswa Sekolah Vokasi-Institut Pertanian Bogor. Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal Prosiding. 1(1), 589-596.

[5] Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta : CV Budi Utama.

[6] Fauzan, R. (2019). Pemanfaatan Gamification Kahoot.it Sebagai Enrichment Kemampuan Berpikir Historis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indoensia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNITIRTA. 2(1), 256-257.

[7] Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., Lutfi, L., & Rohim, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bilangan Bulat dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–7.

[8] Fitriasih, R., Kasrina I., & Kasrina K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 3(1), 100-108.

[9] Hadiono, & Hidayat, N. A. (2016). Penerapan Model Discovery learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya . Jurnal Pena Sains. 1(1).

[10] Hartani, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. PROSIDING SEMINAR NASIONAL. SBN: 9788-602-53231-4-0.

[11] Khasinah,S. (2021). Discovery Learning : Definisi, Sintaksis, Keunggulan, dan Kelemhaman. Jurnal MUDARRISUNA : Media Kajian Pendidikan Agama Islam. 11(3), 402-412.

[12] Lestari, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 12 Binjai. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam. 3(1), 39-52.

[13] Lukita, A., & Niko S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10(1), 145-161.

[14] Lukma. (2019). Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Mengkodisikan Kelas Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Pagentan Kabupaten Banjarmasi Universitas Islam Indonesia.

[15] Mutmainna, A.S., Armi A., & Ahmad. (2022). Pengaruh Kuis Interaktif Kahoot! Menggunakan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Bone (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit). Jurnal Chem Edu. 3(3), 12-21.

[16] Ningrum, G., D., K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Vox Edukasi, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 9(1).

[17] Pello, A.C.S. (2018). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Khoot Untuk Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas X SMA IPH 2 Surabya. Buanna Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan. 8(2), 89-99.

[18] Rahmadoni, E., Ono W., & Ibnu M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education. 6(2), 224-234.

[19] Risyanti, A., & Aan W. (2024). Model Teams Tournamnet (TGT) Berbasis Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 5(1), 53-60.

[20] Rosarina, G., Sudin A., & Sujana A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. 1(1), 371-380.

[21] Sartono, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Fluida Pada Siswa Kelas Xi Mipa 3 Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). 1(1) 52-64.

[22] Sholihah, I.A., Nadia K.N., dan Nabella A.C.K. (2023). Analisis Keuntungan dan Kerugian Kahoot sebagai Platform Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovaif. 6(2), 39-44.

[23] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

[24] Sultani, H.R., Syamsiah., & Imran T. (2023). Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Games Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Enrekang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pemblejaran. 5(2), 365-370.

[25] Sultani, H.R., Syamsiah., dan Imanran T. 2023. Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Games Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Enrekang. (2023). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 5(2), 365-370.

[26] Supriani, Y., Ulfa., & Opan A. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Ddidik Dalam Pembelajaran. Jurnal AL-Amar. 1(1), 1-10.

[27] Vahlia, I. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation Terhadap Prestasi Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. AKSIOMA Journal of Mathematics Education. 3(2), 43-54.

[29] Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. 5, 1-16.

[30] Widianto, A., & Milliati I . (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.(0). Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1-9.

[31] Widiyono, A., Thoyyibah, D., Haris, A., Nasir, K., & Hidayatullah, M. L. (2019). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDUT Bumi Kartini Jepara. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 1(2), 102–109.

[32] Yeni, D.F., Septia L.P., dan Merika S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 1 X Koto Diatas. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 10(2), 133-140.

[33] Yulia, Y.Y., Fatkhurrohman, M.A., & Hayati M.N. (2022). Pengaruh Discovery Learning Dengan Mind Mapping Berbantuan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan MIPA Pandemi. 6(1), 10-17.

[34] Yuly, S.K.A.W. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa. Selling Jurnal Program Study PGRA, 8(1), 54-60.
Published
2024-06-02
How to Cite
Irna Srianti, Aisyah Ali, & Satwika Trianti Ngandoh. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 898-908. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1191

Most read articles by the same author(s)