Pemanfaatan Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VII-B SMPN 20 Makassar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan media Quizizz. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIB di SMPN 20 Makassar sebanyak 28 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dengan indikator keberhasilan dilihat dari peningkatan tes hasil belajar dengan persentase ketuntasan lebih dari 60%. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas adalah 12 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 43%. Pada siklus II, jumlah peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 19 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 68%. Dari hasil analisis ini, terlihat peningkatan hasil belajar sebesar 25% antara siklus I dan siklus II, yang menunjukkan bahwa pemanfaatan media Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik di SMPN 20 Makassar.
Downloads
References
[2] Muliya, “Penerapan Media Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2,” Enggang J. Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, vol. 3, no. 1, 2022.
[3] H. Hisbulloh, “Pembelajaran Melalui Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Belajar Di Kelas VIII B Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPA MTSN 4 Jombang Tahun 2021,” Humantech J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 2, pp. 333–342, 2022.
[4] D. Ramadhaningsih, Ismail, and Hasnaeni, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Aplikasi Quizizz di Kelas XI SMA Negeri 10 Pinrang,” J. Pemikir. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 128–133, 2023.
[5] Ramadhani, E. S. Putri, and M. Syafi’i, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK Migas Bumi Melayu Riau,” J. Armada Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 20–25, 2023, doi: 10.60041/jap/v1i1.8.
[6] C. A. Citra and B. Rosy, “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 2, pp. 261–272, 2020.
[7] K. D. K. Arini and Suharso, “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Media Quizizz,” Educ. J. Educ. Res., vol. 4, no. 2, pp. 144–149, 2022.
[8] Mu’alimin and R. A. H. Cahyadi, Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Pasuruan, 2014.
[9] R. F. Muamalah, D. A. Putra, and M. N. Faradita, “Penerapan Aplikasi Game Quizziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” J. Educ., vol. 05, no. 03, pp. 7084–7095, 2023.
[10] H. Utomo, “Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang Article Info ABSTRACT,” J. Kualita Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 37–43, 2020.