Efektivitas Penggunaan Interactive Display pada Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMPN 7 Makassar

  • Dhea Munadiah Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Nasmur MT Kohar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Interactive Display, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan interactive
display dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di SMPN 7
Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sampel
penelitian adalah peserta didik kelas B.1 SMPN 7 Makassar yang berjumlah 30
orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar
kognitif dengan analisis N Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Interactive display secara
signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Pada siklus 1, nilai
gain sebesar 0,59 dengan interpretasi sedang, sedangkan pada siklus 2, nilai gain
meningkat menjadi 0,75 dengan interpretasi tinggi. Hal ini menunjukkan adanya
peningkatan yang signifikan dalam pemahaman materi peserta didik setelah
penerapan Interactive display. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan
Interactive display efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik
di SMPN 7 Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11. 2023.

Nathan, A., dan Gao, S. (2016). Interactive displays: The next omnipresent technology. Proceedings of the IEEE, 104(8), 1503-1507. 2016

Kuosa, K., Distante, D., Tervakari, A., Cerulo, L., Fernández, A., Koro, J., & Kailanto, M. Interactive visualization tools to improve learning and teaching in online learning environments. International journal of distance education technologies (IJDET), 14(1), 1-21. 2016.

Kolb, D. A., Boyatzis, R. E., & Mainemelis, C. Experiential learning theory: Previous research and new directions. In Perspectives on thinking, learning, and cognitive styles (pp. 227-247). Routledge. 2014.

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish. 2018.

Delucchi, M. Measuring student learning in social statistics: A pretest-posttest study of knowledge gain. Teaching Sociology, 42(3), 231-239. 2014.

Navarrete-Ulloa, J. A. Learning Rates: A Correction of Gain Scores to Assess Math Learning Interventions. The Journal of Experimental Education, 1-17. 2024.

Oka, G. P. A. Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis component display theory (CDT) pada mata kuliah multimedia jurusan teknologi pendidikan FIP UNDIKSHA. E-Jurnal Imedtech, 1(1), 46-58. 2017.

Mustaqim, I. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183. 2016.

Bourbour, M. Using digital technology in early education teaching: learning from teachers’ teaching practice with interactive whiteboard. International Journal of Early Years Education, 31(1), 269-286. 2023.

Published
2024-06-06
How to Cite
Munadiah, D., & Nasmur MT Kohar. (2024). Efektivitas Penggunaan Interactive Display pada Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMPN 7 Makassar. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 1511-1514. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1269