Penerapan MetodeTGT Berbantu Quizizz Dalam Peningkatan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Makasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui penerapan metode Team Games Tournament (TGT) yang didukung oleh aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kalangan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Makassar. Metode TGT dikenal sebagai pendekatan pembelajaran yang mendorong kerjasama tim, sementara Quizizz memberikan elemen permainan yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan kuesioner yang diberikan kepada peserta didik untuk menilai tingkat motivasi belajar mereka sebelum dan setelah penerapan metode ini.
Downloads
References
Chen, Y., Huang, C. K., & Chang, C. H. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT berbantu Quizizz pada motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 9(1), 252-259.
Djarwo, Catur Fathonah “Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura“ Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 7.1 (2020);1-7.
Ergün, M. (2021). Efek aplikasi Quizizz terhadap motivasi dan prestasi akademik siswa dalam pengajaran online selama pandemi COVID-19. Ilmu Pendidikan: Teori & Praktek, 21(1), 111-125.
Gillies, R. M. (2016). Pembelajaran kooperatif: Tinjauan penelitian dan praktik. Jurnal Pendidikan Guru Australia, 41(3), 39-54.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Pembelajaran kooperatif: Meningkatkan instruksi universitas dengan berdasarkan praktik pada teori yang divalidasi. Jurnal Keunggulan dalam Pengajaran Perguruan Tinggi, 25(3&4), 85-118.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1989). Kerjasama dan persaingan: Teori dan penelitian. Interaksi Book Company.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Pembelajaran kooperatif dan teori interdependensi sosial. Dalam The Palgrave handbook of critical social psychology (hal. 371-389). Palgrave Macmillan, Cham.
Li, C., Zhu, Y., Zhang, W., Yang, Y., & Shen, H. (2020). Aplikasi pengajaran online dalam pengajaran bahasa Inggris perguruan tinggi. Dalam Konferensi Internasional tentang Ilmu Komputer, Kecerdasan Buatan, dan Komunikasi (hal. 99-108). Springer, Singapura.
Misaridis, T., & Sylaiou, S. (2020). Dampak Quizizz terhadap motivasi dan kinerja siswa dalam mata kuliah perguruan tinggi. Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan Tinggi, 17(1), 1-19.
Slavin, R. E. (2018). Pembelajaran kooperatif dan prestasi akademik: Mengapa kerja kelompok berhasil?. Dalam Pembelajaran kooperatif: Teori, penelitian, dan praktik (hal. 82-102). Routledge.
Slavin, R. E. (1995). Team Games Tournament: Sebuah strategi pembelajaran kooperatif. Jurnal Pembelajaran Kooperatif, 6(1), 9-20
Smith, J. D., Wang, X., Lin, S. Y., & Wang, H. (2019). Efek permainan kuis dan pembelajaran kooperatif terhadap prestasi dan motivasi siswa. Jurnal Pembelajaran Berbantuan Komputer, 35(1), 67-81.