Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Solar System Scope untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Topik Bumi dan Tata surya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Solar System Scope. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas VII F di UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur peningkatan literasi sains adalah instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan literasi sains pada Siklus I dengan skor N-Gain 0,41 yang berkategori sedang. Pada siklus II menunjukkan skor N-Gain 0,52 yang berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Solar System Scope dapat meningkatkan literasi sains peserta didik.
Downloads
References
[2] Asrori dan Rusman. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru.
Purwokerto: CV. Pena Persada.
[3] Indraswati, D., Muhammad S., Asri F., Lalu W.Z.A., Aisa N., & Rahmatih. (2023). Keefektifan Pelatihan Pembuatan Worksheet Interaktif dengan Wizer.me untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di SDN 26 Mataram: Journal on Education, 05(04), 14616.
[4] Mirwan MHD.,& Zetriulita. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning pada Materi Segiempat Kelas VII SMP: PRISMA 12(1), 265.
[5] Nurhidayati, Muhammad Z., Susilawati & Hikmawati. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas XI pada Materi Alat Optik: JIPSO Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(1),30.
[6] Oktaviani F., Yuli M., & Lufty H.S. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Wizer.Me pada Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 638-639.
[7] Pane, A. & Muhammad D.D.(2017). Belajar dan Pembelajaran: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2).
[8] Puspita V., & Ika P.D. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 89.
[9] Ridlo M.F.& Rochmawati. (2019). Pengembangan Permainan KARANSI (Karambol Akuntansi) Sebagai Media Pengayaan pada Materi Utang Jangka Pendek Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 10 Surabaya: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(2), 217-222.
[10] Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[11] Safitri O.N. & Mulyani (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer.me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. JPGSD, 10(1), 88.