Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.4 di SMP Negeri 26 Makassar
Abstract
Hasil temuan penelitian ini ketika dilakukan pra-siklus diperoleh hasil; 51,7% siswa yang memiliki motivasi belajar rendah atau sebanyak 15 dari 29 siswa. Adapun hasil belajar pada tahapa pra-siklus masih tergolong rendah dan masih terdapat siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi, kreativitas, motivasi dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran team games tournament pada mata pelajaran IPA di kelas VIII.4 SMP Negeri 26 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan menggunakan instrumen penelitian dalam mengumpulkan data berupa angket motivasi belajar, lembar observasi dan soal pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan motivasi belajar peseserta didik yang didasarkan pada hasil temuan dari siklus I yang diperoleh data 17 orang kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 24 orang yang masuk kedalam kategori tinggi. Adapun data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada siklus I sebanyak 17 orang telah tuntas dan pada siklus II sebanyak 23 siswa telah tuntas.
Downloads
References
[2] Hendrizal. (2022) Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Roset Pendidikan Dasar dan Karakter. Vol. 2, no. 1.
[3] Muzaemah. (2018). Penerapan Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama.Wiyata Dharma : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 6, no. 1. 34-42.
[4] Nurhidayah., Bahri., Sulmi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMAN Negeri 1 Gowa. Journal Lageografia. Vol. 20, no. 2.
[5] Rohman. A.A. & Karimah.S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum. Vol. 10, no. 1.
[6] Rosihin. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran PAI. PAEDAGOGIA. Vol. 16, no. 1.
[7] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
[8] Wicaksono. D & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA : JURNAL ILMIAH PGSD. Vol. III, no. 2. 111-126.