Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Education Wordwall Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Kelas VIII

  • Wahda Nur Alisa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Jusniar Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
  • Andi Ahmad SMPN 3 Sungguminasa
Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Media Pembelajaran, Wordwall

Abstract

Dalam pembelajaran IPA seringkali menemukan siswa yang kurang motivasi belajarnya hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang berlangsung satu arah sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang membosankan dan monoton. Pada perkembangan abad 21 teknologi sangat pesat perkembangnya dimana guru di tuntut untuk berinovasi dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan aplikasi wordwall sebagai media pembelajaran berbasis Education Game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA. Tahapan pengambilan data adalah observasi dan wawancara. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap yang terjadi pada siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan media wordwall. Perubahan tersebut dapat dilihat dari aspek keaktifan siswa serta kriteria penilaian observasi diukur melalui beberapa indikator yaitu: (a) Keaktifan siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar dibuktikan saat mengumpulan tugas dengan tepat waktu, (b) Bertanya terhadap materi yang belum dipahami. hasil yang diperoleh motivasi belajar siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 50% pada kategori tinggi, pada siklus II meningkat menjadi 93,33% pada kategori sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media wordwall pada pembelajaran IPA dikelas VIII C meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dimyati., & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
[2] Djamarah, S. B. (2002), Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 114
[3] Fiantika, F.R D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: Pt. Global Eksekutif Teknologi.
[4] Harisuddin, M.I. (2019). Secuil Esensi Berfikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT. Panca Terra Firma
[5] Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 65.
[6] Najuah., Sidiq, R., & Simamora, R.S.(2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. Medan: Yayasan Kita Menulis.
[7] Novidiantoko, D. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
[8] Nugroho, D.A., Harmastuti, & Uminingsih. (2017) Membangun game edukasi “Mathematic Maze” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi. 2(1). 67-77
[9] Pradani, T.G (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 5(1). 452-45
[10] Rosdiani, dkk. (2021). Pelatihan membuat game edukasi wordwall untuk guru di kelurahan karaton. Jurnal Abnimas. 2(2). 247-255
[11] Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4(2). 195–199
Published
2024-05-31
How to Cite
Wahda Nur Alisa, Jusniar, & Andi Ahmad. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Education Wordwall Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Kelas VIII. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 350-354. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1085