Penerapan Model Pjbl (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dipadukan dengan Media Ajar Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas VII
Abstract
Rendahnya minat belajar pesertas didik dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti materi IPA yang terbilang banyak, proses pembelajaran yang monoton, dan tidak membuat peserta didik senang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan PJBL (Project Based Learning) yang dipadukan dengan media ajar wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket melalui google form. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa indikator minat belajar peserta didik mengalami peningkatan. Peningkatan persentase tertinggi yang terdapat pada Gambar 1. yaitu indikator keterlibatan. Penggunaan model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) memicu peserta didik untuk lebih aktif. Hal tersebut terjadi karena pembelajaran berbasis proyek. Hal tersebut juga berlaku pada media pembelajaran yang digunakan ternyata memberikan pengaruh pada peningkatan minat belajar peserta didik yang dapat dilihat pada adanya peningkatan persentase pada tiap indikator. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) yang dipadukan dengan media ajar wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Downloads
References
[2] Bai, S. “Does gamification improve student learning outcome? Evidence from a meta-analysis and synthesis of qualitative data in educational contexts,” Educational Research Review, 30. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100322, 2020.
[3] Faridi, H. “A framework utilizing augmented reality to improve critical thinking ability and learning gain of the students in Physics,” Computer Applications in Engineering Education, 29(1), 258–273. https://doi.org/10.1002/cae.22342, 2021.
[4] Fernandez, V., Liza, F. T., Nur, R. A., & Nurkhairo, H. “Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Powerpoint,” Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 17–22, 2021.
[5] Hanun, S. F., Yulia, R., & Husnita. “Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa,” Jurnal Pendidikan, 2(1), 97–106, 2023.
[6] Ho, L. H. “Research on 3D painting in virtual reality to improve students’ motivation of 3D animation learning,” Sustainability (Switzerland), 11(6). https://doi.org/10.3390/su11061605, 2019.
[7] Khotimah, H., Asep, S., & Nandang, H. “Meningkatkan Attensi Belajar Siswa Kelas Awal Melalui Media Visual,” Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–28, 2019.
[8] King, D. “Virtual health education: Scaling practice to transform student learning: Using virtual reality learning environments in healthcare education to bridge the theory/practice gap and improve patient safety,” Nurse Education Today, 71, 7–9. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.08.002, 2018.
[9] Kristanti, Y. D., Subiki, & Rifa’ati, D. H. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA,” Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128, 2016.
[10] Lacka, E. “Can digital technologies improve students’ efficiency? Exploring the role of Virtual Learning Environment and Social Media use in Higher Education,” Computers and Education, 163. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104099, 2021.
[11] Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. “Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang,” Jurnal Bioedukasi, 1(1), 1–11, 2010.
[12] Malmia, W. “Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes.” International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143, 2019.
[13] Mudmainah. “Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(5), 2873–2878, 2016.
[14] Nirmayani, L. H., & Ni Putu, C. P. D. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha,” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378–385, 2021.
[15] Pradani, T. G. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 347–452, 2022.
[16] Pupung Puspaardini “Media Realia Dalam Mengenalkan Kosakata Anak Kelompok A Di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo,” JPP PAUD FKIP Untirta. 6, No. 1, hal.63–80, 2019.
[17] Putri, M. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah,” Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174, 2020.
[18] Satrianawati, “Media Dan Sumber Belajar,” Yogyakarta: deepublish, 2018.
[19] Simanullang, N. H. S. “Learning Management System (LMS) Based on Moodle to Improve Students Learning Activity,” Journal of Physics: Conference Series, 1462(1), https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067, 2020.
[20] Slameto. 2010. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[21] Steffi dan Muhammad T.S. Adam, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam,” CBIS Journal 3 No 2, no. ISSN 2337-8794, hal 78-90, 2015.
[22] Trisnaning, T. W., Ani, & Wiyanto. “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Kooperatif Tipe Learning Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA Negeri 1 Semarang,” Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 189–196, 2017.
[23] Widada, W. “Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level,” Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028, 2018.