Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII melalui Penerapan Team Games Tournament (TGT) pada Materi Bumi dan Tata Surya dengan Model Pembelajaran Games Based Learning

  • Annisa Rahayu Puspa Sari Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Anwar Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
  • Arty Wibowo SMP Negeri 5 Makassar
Keywords: Game-Based Learning, Motivasi Belajar, Peningkatan, Penelitian Tindakan Kelas, Team Games Tournament

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar yang tinggi mendorong peserta didik untuk lebih aktif, berpartisipasi, dan berusaha memahami materi pelajaran dengan baik. Namun, pada kenyataannya, banyak peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah terutama pada mata pelajaran IPA. penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) yang diintegrasikan dengan Game-Based Learning dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik pada materi IPA kelas VII di SMP Negeri 5 Makassar. Setelah dilaksanakan siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata yaitu menjadi sebesar 65,62%, akan tetapi motivasi belajar peserta didik masih tetap berada pada kategori sedang. Setelah menyelesaikan pembelajaran sampai dengan siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata yang cukup besar yaitu menjadi 81,93% dan motivasi belajar peserta didik meningkat dan berada pada kategori tinggi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model serta metode pembelajaran sangat berpengaruh dengan motivasi belajar peserta didik. Penerapan pendekatan TGT yang di integrasikan dalam model pembelajaran Game-Based Learning terbukti efektif dalam meningkatka motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan materi Bumi dan Tata Surya. Pembelajaran berjalan dengan interaktif dan menyenangkan sehingga membuat peserta didik lebih aktif dan antusias dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

[2] Idham Kholid, “Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asing”, Jurnal Tadris, vol. 10, no. 1, 2017.

[3] Nurul Hidayah & Fikki Hermansyah “Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 3, no. 2, 2016.

[4] Nur Ainun., et all, “Pengaruh Kualitas Pengajaran Guru dan Kebiasaan Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta didik di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018”. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, vol. 4, no. 2, 2018.

[5] Maulidina, Mochammad Arbayu, Susilaningsih Susilaningsih, and Zainul Abidin. “Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar”, JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, vol. 4, no. 2: 113-118, 2018.

[6] Martono, Kurniawan Teguh. “Perancangan Game Edukasi “Fish Identity” Dengan Menggunakan JavaTM”, Jurnal Sistem Komputer, vol.1, no.1: 49-53, 2011.

[7] Prensky, M, Fun, Play and Games: What Makes Games Engaging, Digital Game-Based Learning, 2011.

[8] Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

[9] Slavin, R. E, “Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice”, Boston: Allyn & Bacon, 2010.

[10] Suherman, A., et al, Pengaruh Penggunaan Permainan Edukatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no.2: 205-212, 2017.

[11] Supadi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran. Efektif, Kognitif, dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: rajawali Pers.

[12] Suryani, A., et al, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan, vol.25, no.3: 123-130, 2011
Published
2024-05-31
How to Cite
Annisa Rahayu Puspa Sari, Muhammad Anwar, & Arty Wibowo. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII melalui Penerapan Team Games Tournament (TGT) pada Materi Bumi dan Tata Surya dengan Model Pembelajaran Games Based Learning. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 530-535. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1113