Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik SMP

  • Firmansyah Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haris Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
  • Harding SMPN 12 Makassar
Keywords: Discovery Learning, Motivasi Belajar, Media Quiziz

Abstract

Dalam penelitian ini mengankat permasalahan terkait rendahnya motivasi belajar IPA peserta didik kelas VII di UPT SPF SMP Negeri 12 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari penerapan model discovery learning berbantuan media quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar IPA peserta didik SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pelaksanaan siklus I dan Siklus II masing-masing berjumlah 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar IPA yang berjumlah 26 pernyataan yang terbagi dalam pernyataan positif dan negative. Data yang terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan presentase rata-rata dari hasil angket motivasi belajar dan dibandingkan dengan tabel pengkategorian motivasi belajar. Berdasarkan dengan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulkan bahwa model discovery learning dapat menjadi solusi untuk meningkatkan motivasi belajar IPA peserta didik kelas VII di UPT SPF SMP Negeri 12 Makassar. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari interval skor motivasi belajar IPA peserta didik yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar IPA peserta didik pada kegiatan prasiklus diperoleh skor sebesar 57, yang berada pada kategori rendah, siklus I sebesar 79 berada pada kategori sedang dan siklus II sebesar 84 berada pada kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arriyani, D, Motivasi dan Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Pembelajan Picture And Picture. Jurnal Al-Mujaddid Humaniora. Vol. 8. No. 1, 2022.
[2] A. Ardilla and S. Hartanto, “Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam,” Pythagoras, vol. 6, no. 2, pp. 175– 186, 2017.
[3] Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1),93–97.
[4] Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249.
[5] Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation"Independent Learning" In the Era of Society 5.0. Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora, 05(01).
[6] Mulyati dan Evendi. 2020. Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 03, No. 01.
[7] Sudjana, Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito, 2005.
[8] Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. 2020. Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173.
[9] Saputra, W, R., Hendri, M., & Tugiyo, A, Korelasi Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kecamatan Jambi Selatan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 4. No. 1, 2019.
[10] Sudjana, Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito, 2005.
[11] Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar Dalam Mencapai Target dan Tujuan Kurikulum Merdeka. Al-Ilmi (Jurnal Pendidikan Islam)
[12] Widoyoko, E. P, Penilaian Hasil Belajar di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Published
2024-06-05
How to Cite
Firmansyah, Abdul Haris, & Harding. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik SMP. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 1237-1244. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1202

Most read articles by the same author(s)