Meretas Pembelajaran Sains di TK Aisyiyah Cipanas melalui Wisata Edukasi dan Teknologi Pendidikan

  • Ratna Fauziah Azhary Prodi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, KH Ahmad Dahlan, Cirendeu, Tanggerang.
  • Zulfitria Prodi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, KH Ahmad Dahlan, Cirendeu, Tanggerang.
Keywords: Inovasi Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Pengalaman Pembelajaran Interaktif

Abstract

Pembelajaran Sains di Taman Kanak – kanak menjadi tantangan yang memerlukan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan wisata edukasi dan teknologi pendidikan guna  memperkaya pengalaman pembelajaran sains di Taman Kanak -kanak Aisyiyah Cipanas. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya metode pembelajaran yang mampu membangun pemahaman siswa tentang sains. Oleh karena itu, inovasi pendidikan yang kunjungan wisata ke lingkungan sekitar dan pemanfaatan teknologi seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) diharapkan dapat menjadi Solusi yang efektif Metode peneletian ini menggunakan desain ekperimental dengan pendekatan pre test dan post tes untuk mengukur pengaruh metode pembelajaran karyawisata terhadap kemampuan sains anak usia 5-6 tahun. Penggunaan teknologi pendidikan, termasuk aplikasi seluler dan perangkat lunak interaktif, memperkaya pembelajaran sains dengan elemen visual dan eksperimen, menghasilkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Sigit Prasetyo “ Implementasi Pembelajaran sains untuk anak usia dini dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) Ejournal alma Ata University LIERASI Volume VII BO 1 juni 2016.https://core.ac.uk/

[2] Dewi, N. R. (2019). Penerapan Pembelajaran Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

[3] Suci Utami Putri, M.Pd (2019)“ Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini” Bandung UPI Sumedang Press.

[4] Rakimahwati, R., & Roza, D. (2020). Developing of Interactive Game Based on Role Play Game to Improve the Reading Abilities. Journal of Nonformal Education, 6(2), 193-201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jne.v6i2.25574

[5] Andriyani Andriyani, Happy Indira Dewi, and Zulfitria Zulfitria, „Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa‟, Instruksional, 1.2 (2020), 172

[6] Bakti Herwanti, Christin Angelina Febriani, and Fitri Eka Sari, „Pengaruh Edukasi Metode Bernyanyi Dan Video Animasi Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Dengan Benar Pada Siswa-Siswi Taman Kanak -Kanak‟, HJK, 15.4 (2021), 647–54.

[7] Barany Fachri and H Hendry, „Perancangan Animasi Interaktif Belajar Berhitung Berbasis Multimedia Pada TK-IT Al Washliyah Klambir Lima Hamparan Perak‟, Jurnal Teknologi Informasi, 3.1 (2019), 66

[8] Henri Septanto and others, „Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Animasi Multimedia Untuk Anak-Anak TK‟, Jurnal Komputer Dan Informatika, 15.1 (2020), 99–109.

[9] M Khaerudin, Abdul Qohar, and Ewin Suciana, „Perancangan Pembelajaran Menggunakan Animasi Flash Untuk Taman Kanak – Kanak ( TK )‟, 9.1 (2021), 22–35.

[10] Muhammad Sholeh, Yuliana Rachmawati, Dina Andayati , 2022 “ Pendampingan Kegiatan Optimalisasi Teknologi Informasi dalam Mendukung Proses Pendidikan di Taman Kanak – kanak” Vol 4. No 2. https://scholar.google.co.id/

[11] Usep Kustiawan, Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini (Malang: Penerbit Gunung Samudera, 2016)

[12] Zulkifli. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

[13] Sobocinski, M., Malmberg, J., & Järvelä, S. (2022). Exploring Adaptation In Socially-Shared Regulation Of Learning Using Video And Heart Rate Data. Technology, Knowledge And Learning, 27(2), 385-404.

[14] Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Komteks, 1(1).

[15] Luger, George F., Dan William A. Stubblefield.1993. Artificial Intelligence Structures And Strategies For Complexmproblem Soving 2nd Edition. California: The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.

[16] Zimmerman, B. J., And Schunk, D. H. (2011). Handbook Of Self-Regulation Of Learning And Performance. New York, Ny: Routledge.

[17] Molenaar, I., Horvers, A., Dijkstra, R., & Baker, R. S. (2020, March). Personalized Visualizations To Promote Young Learners' Srl: The Learning Path App. In Proceedings Of The Tenth International Conference On Learning Analytics & Knowledge (Pp. 330-339).

[18] Molenaar, I. (2021). Personalisation Of Learning: Towards Hybrid Human-Ai Learning Technologies. In OECD Digital Education Outlook 2021: Pushing The Frontiers With Artificial Intelligence, Blockchain And Robots. OECD Publishing, Paris.

[19] Lukman Hakim, S.Sos, MM . 2022. “ Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dlam Pemndidikan.” https://ppg.kemdikbud.go.id/

[20] Sugihartono, dkk, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: UNY Press, 2007), hal. 82.

[21] Tennyson, R. D. (1995). Instructional systems development: The fourth generation. In R. D. Tennyson & A. E. Barron (Eds.), Automating instructional design: Computer-based development and delivery (pp. 33–78). New York: Springer
Published
2024-07-02
How to Cite
Ratna Fauziah Azhary, & Zulfitria. (2024). Meretas Pembelajaran Sains di TK Aisyiyah Cipanas melalui Wisata Edukasi dan Teknologi Pendidikan. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 1823-1831. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1325

Most read articles by the same author(s)