Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Canva di Kelas X.4 SMA Negeri 17 Makassar
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan mendasar dalam kehidupan manusia yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas individu, baik dari segi sosial, spiritual, intelektual, maupun profesional. Keaktifan siswa dalam pembelajaran menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan proses belajar. Namun, rendahnya tingkat keaktifan siswa di beberapa sekolah, termasuk SMA Negeri 17 Makassar, menjadi masalah yang berdampak pada pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode pembelajaran berbasis Canva dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X.4 SMA Negeri 17 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Canva sebagai media pembelajaran efektif meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada siklus kedua, persentase keaktifan siswa meningkat secara signifikan, dan rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 73 menjadi 80. Dengan demikian, penggunaan Canva sebagai alat pembelajaran interaktif terbukti dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga pemahaman mereka terhadap materi pun meningkat.
Downloads
References
[2] Prasetyo, W. (2015). Penggunaan Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 45-56.
[3] Putri, A., & Santoso, D. (2020). Pemanfaatan Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Inovatif, 12(1), 32-40.
[4] Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[5] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[6] Wijaya, H. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Interaktif pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Multimedia, 7(1), 54-63.
[7] Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.