Inovasi Media Pembelajaran Sosiologi: Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas XI MIPA3 di SMA Negeri 17 Makassar melalui Canva, Kahoot dan TikTok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi media pembelajaran sosiologi guna meningkatkan keterlibatan siswa kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 17 Makassar melalui penggunaan Canva, Kahoot, dan TikTok. Penelitian dilakukan dalam empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan 36 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan, pada tahun pelajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes untuk menilai keterlibatan dan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan media inovatif ini berhasil meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar. Rata-rata nilai hasil belajar pada siklus 1 adalah 73, yang meningkat menjadi 82 pada siklus 2.Keaktifan siswa juga menunjukkan perkembangan signifikan pada siklus 1, terdapat 11 peserta didik (30,6%) dalam kategori baik, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 15 peserta didik (41,7%) dalam kategori sangat baik, serta 21 peserta didik (58,3%) dalam kategori baik. Penggunaan Canva, Kahoot, dan TikTok menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif, mendorong siswa untuk lebih berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamari, J., Koivisto, J., & Sarsa, H. (2016). Does Gamification Work?--A Literature Review of Empirical Studies on Gamification. In 2014 47th Hawaii International Conference on System Sciences (pp. 3025-3034). IEEE.
Hidayah, N. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 123-134.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2014). Cooperative Learning in the Classroom. Alexandria, VA: ASCD.
Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants. On the Horizon, 9(5), 1-6.