Pengaruh Metode Role Play dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk secara mendalam mengkaji pengaruh metode role play terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 10 Makassar, dengan fokus pada pengaruhnya terhadap hasil akademik siswa yang sering kali dipengaruhi oleh tingkat motivasi belajar mereka. Dalam penelitian ini, melibatkan 2 kelas yang terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen yang menerapkan metode role play dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang menerapkan role play mengalami peningkatan signifikan dalam motivasi belajar mereka. Temuan ini memberikan wawasan yang penting bagi para pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif guna meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini mendukung pendapat yang dikemukakan oleh Tan dan Toh (2021) bahwa metode pembelajaran yang aktif dapat secara langsung memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa, serta sejalan dengan pandangan Deci dan Ryan (1985) yang menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung motivasi intrinsik siswa.
Downloads
References
[2] Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior.
[3] Anderson, J. R., & Bichsel, J. (2016). The impact of role-playing on students’ engagement and motivation in learning. Journal of Educational Psychology, 108(1), 35-49.
[4] Kuo, Y. C., & Rho, J. (2020). The effects of role-playing games on students’ motivation and learning outcomes. Computers & Education, 157, 103964.
[5] Tan, C. H., & Toh, Y. J. (2021). Role-play as a strategy for enhancing student motivation: A study of student perceptions. Educational Research Review, 16, 22-34.
[6] Hwang, G. J., & Chang, H. F. (2019). Effects of role-playing on motivation and learning outcomes in a blended learning environment. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16, 8