Penerapan Model Koperatif Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Games Untuk Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas, dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas X1.5 SMA Negeri 18 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berbasis games dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa di kelas XI.5 SMA Negeri 18 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 35 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, angket motivasi belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbasis games secara signifikan meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa. Siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan termotivasi untuk berkompetisi secara sehat melalui permainan yang diberikan. Penggunaan games sebagai media pembelajaran membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Kesimpulannya, model TGT berbasis games efektif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran di sekolah.
Downloads
References
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology: Theory and Practice (9th ed.). Boston: Pearson Education.
Soetjipto, B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif: Strategi Pembelajaran yang Menarik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianingsih, R., & Saputri, A. (2022). Penerapan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 10-20.
Winarni, S., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 75-85.
Trianto. (2023). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group