Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMAN 9 Gowa

  • Chaerul Umam Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Sejarah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Wordwall, pembelajaran interaktif, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di kelas XI SMAN 9 Gowa. Media Wordwall menawarkan pendekatan pembelajaran berbasis permainan yang melibatkan siswa secara aktif melalui berbagai kegiatan interaktif seperti kuis, permainan, dan diskusi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas XI IPS 2. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall berhasil menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, meningkatkan partisipasi siswa, dan menumbuhkan rasa antusiasme terhadap materi Sejarah. Selain itu, Wordwall juga memperkuat keterampilan kolaborasi siswa, seperti kerja sama tim dan komunikasi, yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Dengan adanya integrasi teknologi ini, proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel, menyenangkan, dan adaptif terhadap kebutuhan siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti ketergantungan pada jaringan internet, penggunaan Wordwall tetap memberikan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Hilmi Fadhillah, and Muhammad Sofian Hadi. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa.” Community Development 4(2): 1.

Dluha, Mohamad Wildan Syamsu, and Daya Negri Wijaya. 2024. “Dampak Penggunaan Web Wordwall Pada Minat Dan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Malang.” Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 4(2). doi:10.17977/um063.v4.i2.2024.7.

Dotutinggi, Melianti, Alwiyanto Zees, and Abdul Rahmat. 2023. “Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sekolah.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS 03(June): 363–68. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1955%0Ahttps://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/download/1955/1434.

Kusnadi, Edi, and Syifa Aulia Azzahra. 2024. “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 12(2): 323–39. doi:10.24269/dpp.v12i2.9526.

Nisa, Mahwar Alfan, and Ratnawati Susanto. 2022. “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7(1): 140. doi:10.29210/022035jpgi0005.

Purnamasari, Sulfi, Fika Rahmanita, Soffi Soffiatun, Wiwit Kurniawan, and Fiqoh Afriliani. 2020. “Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 177–80.

Wangi, Nisaul Barokati Seliro, Novita Eka Chandra, Aditya Zulkarnaen Ali, Lady Lina Aulia Abdullah, Abdullah Zahid, Megi Widiyah Triutami, and Fiqiyah Biroudloh. 2022. Pembelajaran Daring Berbasis Gamifikasi.

Zahro, Nur Azizah Qodiriyah, and Adi Rizky Pratama. 2023. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa.” Abdima 2(2): 6596–6604.

Published
2024-11-27
How to Cite
Umam, C. (2024). Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMAN 9 Gowa. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(3), 622-631. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i3.1456