Peningkatan Minat Belajar Sejarah Melalui Media Pembelajaran Berbasis Games di Kelas X.10 SMA Negeri 5 Makassar

  • Munadyatul Muallimah Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Sejarah Universitas Negerk Makassar
Keywords: Minat belajar, Siswa, Berbasis games, Teka-Teki Silang (TTS), Quizizz, Sejarah.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi olehrendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di kelas X.10 UPT SMA Negeri 5 Makassar, kurangnya minat belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar maupun saat mengerjakan tugas yang diberikan menjadi indikator utama dari permasalahan ini. Proses belajar yang monoton membuat siswa merasa bosan dan tidak bersemangat mengikut pembelajaran, untuk mengatasi hal ini, penelitian ini menerapkan inovasi pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis games teka teki silang (TTS) dan platform quizizz. Dengan media pembelajaran yang baru diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa untuk mendorong mereka aktif dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan media pembelajaran yang berbeda. Dari hal ini, hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan minat belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah, , ini terlihat dari peningkatan antusias dan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berlangsung, mereka lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis games dalam pembelajaran sejarah dikelas X.10 cukup efektif dalam peningkatan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Munafis, dkk. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Game Untuk Meningkatkan Minat
Belajar Siswa Siswi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Bima Infornatika Kota Bogor. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat.
[2] Sappaile. dkk (2024). Dampak Penggunaan Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Motivasi Dan
Prestasi Belajar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.
[3] Banarsari, dkk (2022). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21. Seminar Nasional
Inovasi Pendidikan ke-6. Universitas Sebelas Maret.
[4] Khaerunnisa, dkk (2022). Penerapan Metode Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat
Belajar Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.
[5] Khotimah, Usnul (t.t). Pengaruh Teknologi Terhadap Pembelajaran Abad 21. Universitas Lambung
Mangkurat. Banjarmasin.
[6] Mutiah, dkk. (2024). Eksistensi Teknologi Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan
Tambusai. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Published
2024-11-27
How to Cite
Muallimah, M. (2024). Peningkatan Minat Belajar Sejarah Melalui Media Pembelajaran Berbasis Games di Kelas X.10 SMA Negeri 5 Makassar. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(3), 601-607. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i3.1464