Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran sejarah terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Makassar. Berdasarkan observasi selama praktik pengalaman lapangan (PPL), ditemukan bahwa metode pembelajaran sejarah yang konvensional menyebabkan kurangnya keteribatan dan motivasi siswa. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengungkap persepsi guru, pengalaman siswa, tantangan implementasi, serta dampak teknologi digital terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media seperti video dokumenter, peta interaktif, dan aplikasi gamifikasi mampu meningkatkan keterlibatan dan daya saing siswa secara signifikan. Meskipun tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kesenjangan digital masih menjadi kendala, pelatihan guru dan kebijakan akses perangkat digital dapat menjadi solusi untuk mendukung implementasi teknologi secara efektif. Temuan ini mempertegas pentingnya integrasi teknologi digital dalam pembelajaran sejarah untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan kontekstual.
Downloads
References
[2] Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approache. Sage Publications.
[3] Graham, C. R. (2019). Blended learning models and challenges. Educational Research and Technology, 25(2), 45-56.
[4] Haryanto, D. (2020). Infrastruktur pendidikan digital: Tantangan dan peluang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 133-145.
[5] Hermawan, D. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi: Pendekatan Praktis untuk Guru dan Dosen. Bandung: Alfabeta.
[6] Hidayat, A. (2018). Teknologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[7] Hidayat, R. (2018). Kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2), 143-155.
[8] Mishra, P., & Koehler, M.J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for integrating technology in teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.
[9] Mulyadi, H., & Hasanah, N. (2021). Peran pemerintah dalam mendukung infrastruktur pendidikan digital. Jurnal kebijakan pendidikan Indonesia, 10(4), 112-124.
[10] Nasution, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran sederhana di daerah dengan akses internet terbatas. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 8(3), 98-108.
[11] Nuryanti, R., Widodo, A., & Prasetyo, Z. K. (2020). Pelatihan teknologi untuk meningkatkan kompetensi guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 55-62.
[12] Pratama, M. (2020). Revolusi Digital dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 45-60.
[13] Santoso, D. (2021). Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 15-22.
[14] Santoso, D. (2021). Solusi pembelajaran digital di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan Digital, 15(2), 198-210.
[15] Sari, A. (2020). Penerapan Teknologi Digital dalam Pembejaran Sejarah. Jurnal Sejarah dan Budaya, 8(1), 35-45.
[16] Sari, L., & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh media digital terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(3), 234-245.
[17] Setiawan, H. (2021). Pembelajaran sejarah berbasis teknologi: Studi kasus pada siswa SMA. Jurnal Sejarah dan Pendidikan, 9(2), 88-97.
[18] Setiawan, R. (2019). Strategi Pembelajaran Sejarah yang Efektif. Yogyakarta: Deepublish.
[19] Suryadi, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era Digital. Jakarta: Deepublish.
[20] Van Dijk, J. (2020). The digital divide: The internet and social inequality in international perspective. Sage Publications.
[21] Wahyudi, A. (2021). Integrasi Teknologi dalam Kurikulum. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(3), 44-56.
[22] Wijaya, H. (2021). Paradigma Baru dalam Pendidikan Abad ke-21. Jurnal Pendidikan Modern, 9(2), 29-41.
[23] Yulianti, S. (2020). Efek gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 11(1), 21-33.
[24] Yuliati, R. (2020). Efektivitas Quizizz dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Digital, 5(2), 22-30.
[25] Zulkarnain, A. (2020). Peran teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era pandemi. Jurnal pendidikan Digital Indonesia, 5(4), 220-230.
[26] Zulkarnain, M. (2020). Transformasi Pendidikan dengan Teknologi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 50-65.