Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Kelas VI Melalui Aplikasi Wordwall dan Kantong Bilangan

  • Rahmi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuddin Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Sumarni UPT SLB Negeri 2 Makassar
Keywords: Motivasi Belajar, Siswa Tunagrahita, Wordwall, kantong Bilangan, Problem Based Learning

Abstract

Motivasi belajar adalah salah satu aspek kunci dalam keberhasilan proses Pendidikan, terutama bagi siswa tunagrahita yang memiliki keterbatasan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tunagrahita kelas VI di UPT SLB Negeri 2 Makassar melalui penggunaan media interaktif Wordwall dan alat bantu konkret yaitu kantong bilangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, di mana setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall sebagai media digital interaktif mampu meningkatkan keterlibatan siswa, sedangkan kantong bilangan membantu siswa memahami konsep matematika dasar secara konkret. Peningkatan motivasi belajr terlihat signifikan pada siklus kedua, dengan kenaikan rat-rata hasil tes terbesar 35% dibandingkan siklus pertama. Penelitian ini menegaskan pentingnya media yang sesuai untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa tunagrahita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2021.
[2] C. E. Hmelo-Silver, Problem-Based Learning: Analyzing the Process of Inquiry. Cambridge: Cambridge University Press, 2019.
[3] J. W. Santrock, Educational Psychology (14th ed.). New York: McGraw-Hil education, 2020.
[4] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.
[5] A. Suparman, Strategi Pembelajaran: Inovasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2022.
[6] Permendikbud No. 20 Tahun 2020, Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
[7] D. Widiastuti and A. Nugraha, “Pengaruh Media Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa dengan Kebutuhan Khusus,” J. Pendidik. Inklusif, vol. 8, no. 3, pp. 45–55, 2021.
[8] S. J. I. Rahmawati, “Penggunaan Media Digital dalam pembelajaran Matematika,” J. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 23–35, 2023.
[9] T. Fajar and D. Lestari, “Efektivitas Problem-Based Learning pada Siswa Tunagrahita,” J. Pendidik. Khusus, vol. 9, no. 2, pp. 67–78, 2022.
[10] A. Hidayat and L. Pramesti, “Pengembangan Media Konkret untuk Siswa Tunagrahita.,” J. Penelit. Pendidik., vol. 7, no. 4, pp. 89–101, 2023.
Published
2024-11-28
How to Cite
Rahmi, Syamsuddin, & Sumarni. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Kelas VI Melalui Aplikasi Wordwall dan Kantong Bilangan. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(3), 683-688. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i3.1499