Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dalam Teks Hortatory Exposition Melalui Teknik R.E.A.P (Reading, Encoding, Annotating, and Pondering) SMK PGRI 1 Gantar Kab. Indramayu Jawa Barat.

  • Nunung Siti Nuroktravianti Bahasa Inggris, SMK PGRI 1 Gantar Kab. Indramayu Jawa Barat
  • Amra Ariyani Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan
  • Nurul Asma Bahasa Inggris SMP Negeri 6 Makassar Sulawesi Selatan
Keywords: Kemampuan Membaca, Hortatory Exposition, Bahasa Inggris.

Abstract

Kemampuan membaca adalah kemampuan memahami teks. Namun, ada beberapa masalah untuk memahami teks terutama dalam teks Hortatory Exposition. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa teknik yang dapat digunakan. Salah satunya adalah teknik R.E.A.P (Read, encode, annotating, and ponder). Tujuannya adalah untuk membuat siswa lebih memahami teks melalui berbagi informasi dari teks dengan rekan-rekan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut : bagaimana REAP dapat meningkatkan kemampuan membaca teks hortatory exposition. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Setelah dilakukan analisis data untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat perbedaan hasil yang signifikan. Rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 76,87 yang lebih tinggi dari rata-rata posttest kelas kontrol 61,7. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengajaran keterampilan membaca antara dengan atau tanpa teknik REAP

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. P. N. RI, “Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan Balitbang, 2004.

[2] K. Saddhono, F. Ramadhan, and P. B. Indonesia, “Keterampilan Membaca Ekstensif.”

[3] A. V Manzo, Content area reading: A heuristic approach. LiteracyLeaders, 1990.

[4] J. P. Marantika and F. Fitrawati, “The REAP strategy for teaching reading a narrative text to junior high school students,” J. English Lang. Teach., vol. 1, no. 2, pp. 70–77, 2012.

[5] R. Hardayanti, N. Nurhayati, and Z. Alwi, “Pengaruh metode REAP (read, encode, annotate, ponder) terhadap kemampuan memahami tajuk rencana,” in Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2017, vol. 1, no. 1.

[6] S. Sukma and H. Haryadi, “Keefektifan strategi REAP dan request dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP,” LingTera, vol. 3, no. 1, pp. 99–111, 2016.


[7] L. Gerot and P. Wignell, “Making Sense of Functional Grammar. Australia: Gerd Stabler.” AEE Publishing, 1994.

[8] D. Nunan, Research methods in language learning. Ernst Klett Sprachen, 2005.

[9] J. Harris, R. Carter, and D. Nunan, Introducing writing. Penguin English, 1993.

[10] D. Nunan, “Methods in second language classroom-oriented research: A critical review,” Stud. Second Lang. Acquis., vol. 13, no. 2, pp. 249–274, 1991.

[11] N. Syaodih Sukmadinata, “Metode penelitian pendidikan,” Bandung: Remaja Rosda Karya, pp. 169–170, 2007.

[12] E. Mulyatiningsih and A. Nuryanto, “Metode penelitian terapan bidang pendidikan,” 2014.
Published
2022-01-02
How to Cite
Nuroktravianti, N. S., Ariyani, A., & Asma, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dalam Teks Hortatory Exposition Melalui Teknik R.E.A.P (Reading, Encoding, Annotating, and Pondering) SMK PGRI 1 Gantar Kab. Indramayu Jawa Barat . JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 10-17. Retrieved from http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/152

Most read articles by the same author(s)