Penerapan Chain Card Game (CCG) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Kalimat Sederhana Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 2 Dawan Kab. Klungkung Bali.

  • Jana Jana SMP Negeri 2 Dawan Kab. Klungkung, Bali
  • Chairil Chairil Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan
  • Elly Elly Bahasa Inggris SMK Negeri 10 Makassar Sulawesi Selatan
Keywords: Chain Card Game (CCG), Kemampuan Siswa, Membuat Kalimat Sederhana

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rendahnya kemampuan siswa didalam membuat kalimat Bahasa Inggris sederhana. Untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut pada penelitian ini digunakan strategi Chain Card Game pada siswa kelas VIII G di SMP Negeri 2 Dawan dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada masing – masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan serta pada setiap siklus  terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pertama perencanaan tindakan, tahap kedua pelaksanaan tindakan, tahap ketiga observasi/ evaluasi, dan tahap terakhir adalah refleksi. Dari hasil penelitian yang dimulai dengan  observasi kemudian pelaksanaan siklus I dan siklus II diperoleh hasil yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata siswa yang pada tahap tes awal hanya 60 yang termasuk kedalam kategori kurang sedangkan pada siklus I dan siklus II dimana strategi pembelajaran Chain Card Game sudah diterapkan nilai rata – rata siswa kelas VIII G didalam menyusun kalimat Bahasa Inggris sederhana menjadi 70, 73 pada siklus I dan 82 pada siklus II. Peningkatan nilai rata – rata siswa dari siklus I ke siklus II adalah 11,27%. Strategi Chain Card Game ini sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Suciati, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melaluipermainan Kartu Berantai (Chain Card Game) Bagi Siswa Kelas IX-A Semester 1 SMP Batik Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018,” J. Dwija Utama Ed. 42 Vol. 10 Februari 2019, p. 56, 2009.

[2] I. V. Sutalistya, “Using Chain Card Game to Improve the Writing Skill of the Sixth Grade SD Kartika Iv-1 Malang,” Journey (Journal English Lang. Pedagog., vol. 1, no. 1, pp. 48–56, 2018.

[3] N. Martono, Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada, 2010.

[4] B. Wibawa, “Penelitian Tindakan Kelas,” Jakarta: Dirjen Dikdasmen, pp. 2572–2721, 2003.

[5] N. Hanifah, Memahami penelitian tindakan kelas: teori dan aplikasinya. UPI Press, 2014.

[6] A. Haris and A. Jihad, “Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo,” Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni. 2009, Psikol., 2013.

[7] O. Hamalik, “Proses belajar dan mengajar,” Jakarta PT Bumi Aksara, 2001.

[8] W. B. Sulfemi, “Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS,” Pendas Mahakam J. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 151–158, 2018.

[9] Y. Supriyono, N. S. N. Dewi, and R. Ruslan, “Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis E-Learning Untuk Guru-Guru Kkm Di Lingkungan Kemenag Kabupaten Tasikmalaya,” J. Pengabdi. Siliwangi, vol. 3, no. 1, 2017.
Published
2021-12-23
How to Cite
Jana, J., Chairil, C., & Elly, E. (2021). Penerapan Chain Card Game (CCG) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Kalimat Sederhana Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 2 Dawan Kab. Klungkung Bali . JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 3(3), 65-76. Retrieved from http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/113

Most read articles by the same author(s)