Menerapkan Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz Untuk Memberikan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XI SMA, yang berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa. Rendahnya minat belajar ini terlihat dari minimnya partisipasi siswa dalam diskusi kelas dan kurangnya motivasi mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan Quizizz, sebuah platform pembelajaran berbasis kuis interaktif yang dilengkapi dengan fitur gamifikasi untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Quizizz dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diakukan dalam dua siklus. Setiap siklus yang ada, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas Xi di SMA Negeri 12 Makassar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data mencakup observasi, angket minat belajar, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk melihat peningkatan minat belajar siswa setelah setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quiziz secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Pada Siklus 1, terjadi peningkatan minat belajar, namun beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi dan kurang aktif dalam pembelajaran. Setelah dilakukan perbaikan pada Siklus 2, hasil observasi dan angket menunjukkan peningkatan lebih lanjut, dengan 90% siswa menjadi lebih terlibat aktif dan antusias dalam proses pembelajaran. Peningkatan ini juga didukung oleh hasil wawancara yang mengindikasikan bahwa siswa merasa lebih termotivasi dan menikmati pembelajaran yang disajikan melalui format kuis interaktif.
Downloads
References
Astuti, W. (2019). Pengaruh penggunaan Quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan, 6(1), 45-56. https://doi.org/10.1234/jp.v6i1.78
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Hamid, A. F., & Halim, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Online terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 165-178.
Hermawan, D. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi: Pendekatan Praktis untuk Guru dan Dosen. Bandung: Alfabeta.
Kurniasih, A., & Sani, B. (2018). Ragam Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mujib, A. (2020). Penerapan Media Quizizz dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 12(1), 45-56.
Nunan, D. (2015). Research Methods in Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Riyana, C. (2019). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wijaya, T. T., & Triyono, B. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 190-205.