Pemanfaatan Pembelajaran Kreatif Jembatan Hidrolik dan Permainan Karambol dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Gaya Dorong dan Gaya Gesek di Sekolah Dasar

  • Ayu Anggraeni Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hasniyanti Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aas Handayani Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • ⁠Andi Alfi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Faadhilah Pawellangi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anjar Dwi Kusuma Wardani Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dwi Putri Sarmita Tahir Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fitrah Amaliah Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hasnadi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ihwana Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • A. Rahman Rahim Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Projek Kepemimpinan, Jembatan Hidrolik, Permainan Karambol, Pembuatan Media Pembelajaran

Abstract

Media pembelajaran kreatif Jembatan Hidrolik dan Permainan Karambol dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi gaya dorong dan gaya gesek di Sekolah Dasar yang telah dilaksanakan oleh kelompok 1 PGSD Kelas F PPG Prajabatan telah terlaksana sesuai jadwal dan sudah tercapai tujuan dari proyek tersebut di sekolah mitra yaitu SD Negeri Kapota Yudha Makassar. Kegiatan projek kepemimpinan ini mengajarkan serta memberikan pengalaman  langsung kepada peserta didik mengenai media pembelajaran kreatif yaitu Jembatan Hidrolik dan Permainan Karambol dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi gaya dorong dan gaya gesek di Sekolah Dasar. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik terhadap materi gaya di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nuraida, I., & Sunarya, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Hidrolik Tipe Dongkrak sebagai Alat Peraga pada Pembelajaran Gaya di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 1-10.

Wahyudi, A., & Suryana, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Bola Karambol untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(2), 92-102

Budi, A. (2018). Prinsip Dasar Fisika dalam Permainan: Studi Kasus Karambol. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 45-52.

Santoso, R. (2020). Mengajarkan Konsep Gaya Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(1), 25-30.

Wati, S. (2021). Dampak Permainan Karambol Terhadap Pembelajaran Fisika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 112-118.

Haryono, M. (2019). Gaya dan Gerak dalam Aktivitas Permainan. Jakarta: Penerbit Pendidikan.

Prasetyo, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Kreatif: Menggunakan Permainan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Kreatif, 4(3), 55-60

Published
2024-10-18
How to Cite
Ayu Anggraeni, Hasniyanti, Aas Handayani, ⁠Andi Alfi, Andi Faadhilah Pawellangi, Anjar Dwi Kusuma Wardani, Dwi Putri Sarmita Tahir, Fitrah Amaliah, Hasnadi, Ihwana, & A. Rahman Rahim. (2024). Pemanfaatan Pembelajaran Kreatif Jembatan Hidrolik dan Permainan Karambol dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Gaya Dorong dan Gaya Gesek di Sekolah Dasar. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(3), 334-342. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i3.1422