Pembelajaran Fisika Berbantuan Permainan Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 3 Makassar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas X1 SMA Negeri 3 Makassar yang bertujuan untuk melihat peningkatan minat belajar fisika peserta didik setelah diajar dengan pembelajaran fisika berbantuan permainan edukasi. Permainan edukasi yang digunakan adalah bermain menggunakan quizizz, ular tangga dan pameran pembelajaran. Penelitian ini menggunakan instrumen non tes berupa angket minat belajar fisika. Angket minat belajar fisika ini terdiri dari 15 pernyataan dimana menggunakan skala Likert. Skala ini akan diolah menggunakan analisis deskriptif yang terdiri dari rata-rata, nilai maksimum, nilai minimum, standar deviasi dan varians. Setelah dianalisis maka akan dikategorikan sesuai tabel kategorisasi minat belajar fisika. Hasil yang diperoleh adalah diketahui skor rata-rata minat belajar fisika peserta didik pada prasiklus, siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 30,03, 36,45 dan 41,72 yang menyatakan pembelajaran fisika berbantuan permainan edukasi dapat meningkatkan minat belajar fisika.
Downloads
References
Hilmawati, H. S. F., & Widodo.(2022). Pengaruh Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(1).
Kadir, F., Zulfrianto, Y. L., & Serwin. (2020). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Boalemo Berbasis Android. Jurnal Nasional cosPhi, 4(2).