Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Biologi 1 SMA Negeri 5 Soppeng
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yag bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi kahoot dalam meningkatkan motivsi belajar peserta didik.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Soppeng Semester ganji Tahun Ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian adalah kelas XI Biologi 1 yang berjumlah 27 orang. Teknik yang digunakan adalah observasi, angket dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan aplikasi kahoot dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Berdasakan data hasil penelitian, persentase rata-rata motivasi belajar peserta didik pada pra-siklus sebesar 57,5 % yang termasuk kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu 84,5% yang termasuk kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi Kahoot, dalam proses pembelajaran dapat menjaga motivasi berkelanjutan belajar, sehingga tercipta suasana belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.
Downloads
References
[2] Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.2010.
[3] Dedi Dwi Cahyono, dkk. Pemikiran Abraham Maslow tentang motivasi dalam belajar. Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 6 No.1.2022
[4] Dharmawati. Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. QUERY: Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 43-49.2017.
[5] Irwandani, dkk. Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 6, no.2 h. 221-231.2017.
[6] Machali, I. Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. IJAR, 1(2).2022.
[7] Rahmat Fauzi,Dwiastusti dan Harlita.Penerapan Metode Pembelajaran Picture and
Picture untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Peserta didik Kelas VIII D SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.2011
[8] Wigati, Sri. Penggunaan Media Game Kahoot untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 8, No. 3, 457-464.2019.